PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BAGI PESERTA DIDIK
Keywords:
Pendidikan, Multikultural, Stigma, SARA, Guru PAI, KulitatifAbstract
Peran Guru Pendidikan Agama Islam sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai perbedaan dengan sesama sejak dari usia dini, perbedaan kepercayaan, perbedaan suku bahasa, perbedaan antara yang kaya dan miskin, perbedaan kebiasaan atau budaya lokal yang ada di sekitar kita. Kasus-kasus yang berhubungan dengan unsur SARA ini masih sering terjadi dalam pergaulan sehari-hari siswa SD Negeri Kaliaren. sekolah sarat dengan stigma dan perundungan terkait, serta insiden stigma, stereotip, dan terminologi penghinaan terkait SARA yang terkait dengan SARA, sehingga hanya insiden berskala besar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. bersifat naturalistik dimana, peneliti mengadakan wawancara kepada responden, yang berada di lingkungan sekolah Dasar Negeri Kaliaren. Hasil penelitian peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pendidikan multikultural siswa di SD Negeri Kaliaren dilakukan melalui dua cara, yaitu: pertama, melalui pengajaran multikultural di dalam kelas dan di luar kelas. Diterapkan metode pengajaran, antara lain metode ceramah, metode cerita, dan metode kerja kelompok, serta memadukan materi pendidikan dengan muatan multikultural ke dalam proses pembelajaran melalui diskusi. Selain itu dilaksanakan melalui program menyanyikan lagu kebangsaan dan lagu daerah yang mewakili setiap bangsa, ras dan budaya siswa-siswi SDN Kaliaren. Kedua, melalui pendidikan multikultural di luar kelas diimplementasikan melalui kegiatan Rohis Mabit yaitu kegiatan LDK dan Film edukasi multikultural Nonton Bareng (Nobar).