KONSEP KEBAHAGIAAN REMAJA DITINJAU DARI PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM
Keywords:
Kebahagiaan , Remaja , Psikologi Pendidikan Islam , Keseimbangan , Dimensi SpiritualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep kebahagiaan remaja dari perspektif psikologi pendidikan Islam. Kebahagiaan pada remaja menjadi tema yang sangat penting, mengingat fase ini adalah masa transisi antara kanak-kanak dan dewasa, di mana remaja sering mengalami berbagai tantangan psikologis dan emosional. Psikologi pendidikan Islam menawarkan pendekatan yang berlandaskan nilai-nilai Islam untuk mencapai kebahagiaan, baik secara lahiriah maupun batiniah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur, mengumpulkan data dari berbagai sumber, seperti buku, artikel, dan penelitian terdahulu terkait konsep kebahagiaan dalam Islam dan psikologi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebahagiaan remaja dalam psikologi pendidikan Islam dapat dicapai melalui pemenuhan kebutuhan spiritual, sosial, dan psikologis, yang diintegrasikan dengan ajaran agama, seperti menjaga hubungan dengan Allah, berbuat baik kepada sesama, serta mengelola emosi dan perasaan secara sehat. Selain itu, pendekatan Islam dalam mengatasi masalah psikologis remaja lebih menekankan pada aspek ketenangan jiwa dan kesabaran dalam menghadapi ujian kehidupan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep kebahagiaan dalam psikologi pendidikan Islam lebih menekankan keseimbangan antara dimensi spiritual dan psikologis, yang mampu membantu remaja mencapai kebahagiaan sejati dalam hidup mereka.