HUBUNGAN PELAYANAN ADMINISTRASI KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI UPTD PUSKESMAS CIKIJING KAB MAJALENGKA TAHUN 2023

Authors

  • Enung Nur'Aisah universitas islam al-ihya kuningan
  • Elsa Asrimulyati Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Keywords:

Pelayanan Administrasi, Kepuasan, Pasien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelayanan administrasi kesehatan dengan kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka pada Tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Cross Sectional Study, untuk teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Analisis hasil dilakukan dengan uji analisis data menggunakan uji chi square dengan taraf signifikansi 5%. Hasil dari uji analisis data dan kajian teori tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelayanan administrasi kesehatan dengan kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Cikijing 2023 dengan besaran setiap indikatornya yaitu Tangiable=0,000, Reliability=0,006, Responsiveness=0,000, Assurance=0,042, dan Emphaty=0,000.

Downloads

Published

2024-02-26