APLIKASI PENGADUAN DAN PELAYANAN PELANGGAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN PHP DAN MySQL DI PAM TIRTA KAMUNING KABUPATEN KUNINGAN
Keywords:
Pengaduan, PHP, MySQL, PAMAbstract
Pentingnya pelayanan dalam suatu badan usaha atau perusahaan menjadi salah satu
tolak ukur dalam kemajuan perusahaan karena erat kaitannya dengan tingkat kepuasan
pelanggan. Perumda Bahas Minum Tirta Kamuning Kabupaten Kuningan dari segi
pelayanan pengaduan konsumen, mengelompokkan pengaduan konsumen menjadi
berbagai jenis pengaduan seperti keberatan tagihan, bocor, bahas dan bahas tidak
mengalir. Petugas dalam menerima laporan pengaduan yang berasal dari media SMS,
Telpon atau Whatsapp akan mencatat information pelanggan,alamat dan keluhan
pelanggan, yang kemudian information tersebut akan di berikan kepada divisi terkait
yang berhubungan dengan jenis pengaduan tersebut. Divisi terkait tersebut setelah
melakukan penanganan akan mengembalikan surat pengaduan lengkap dengan
keterangan penanganannya. Semua proses ini dilakukan secara manual, dan ada
kemungkinan informasi klaim hilang atau tersebar sehingga mempersulit proses
perbaikan atau evaluasi. Sehingga diperlukan sebuah aplikasi yang dapat mengolah dan
menyimpan informasi. Metode pengembangan aplikasi pengaduan pelanggan di PAM
Tirta Kamuning Kabupaten Kuningan menggunakan metode Waterfall. dari Context
Chart dan DFD Level 1 dilanjutkan dengan desain tabel, Pada konsepsi graf hubungan
substansi, pada tahap implementasi dibuat aplikasi sesuai dengan tahap perancangan
menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database mysql, sedangkan pada tahap
pengujian menggunakan metode sistem blackbox, Dari hasil perencanaan Perancangan
aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan petugas, karena
dengan adanya aplikasi ini petugas dapat menganalisa dan mengevaluasi berdasarkan
data pengaduan yang terjadi pada pelanggan PAM Tirta Kamuning Kabupaten Kuningan