PRINSIP DAN SASARAN SUPERVISI PENDIDIKAN ISLAM
Keywords:
Supervisi Pendidikan, Prinsip-prinsip Supervisi Pendidikan, Sasaran Supervisi PendidikanAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Prinsip-prinsip Umum Supervisi Pendidikan; 2) Prinsip Supervisi Pendidikan dalam Al-qur’an dan Hadits; 3) Sasaran Supervisi Pendidikan. Artikel ini meggunakan metode studi literatur dengan cara mengumpulkan literatur (bahan-bahan materi) yang bersumber dari berbagai macam jurnal, internet dan buku yang ditulis oleh orang-orang yang faham tentang prinsip-prinsip supervisi pendidikan dan sasaran supervisi pendidikan. Berdasarkan penjelasan yang sudah dipaparkan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Prinsip-prinsip Supervisi Pendidikan secara garis besar dapat dibedakan atas dua prinsip yaitu prinsip praktis dan prinsip Fundamental. Prinsip fundamental merupakan dasar pokok dari semua prinsip yaitu Pancasila. Adapun prinsip praktis dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu prinsip positif dan prinsip negative. Prinsip positif adalah prinsip-prinsip yang patut diikuti supervisor, sedangkan prinsip negative adalah prinsip yang perlu dihindari oleh supervisor. Prinsip supervisi menurut Sahertian adalah Ilmiah (scientific); Demokratis; Kooperatif; Konstruktif dan kreatif. 2) Prinsip Supervisi Pendidikan dalam Al-Qur’an dan Hadits terdiri dari Koreksi dan Introspeksi Diri (Check/Self-assessment); Integritas; Kejujuran dan Konsisten (Istiqomah); Objektivitas; Profesional sesuai keahlian. 3) Sasaran supervisi ditinjau dari objek yang disupervisi terdiri dari 3 bentuk supervisi, yaitu Supervisi Akademik; Supervisi Administrasi; Supervisi Lembaga. Sasaran supervise pendidikan menurut Prof. Sahertian adalah Pembinaan dan pengembangan kurikulum; Perbaikan dan penyempurnaan pembelajaran; Pengembangan sumber daya guru dan staf sekolah.